KADIN: Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel Rugikan Dunia Usaha

KADIN terhadap keseimbangan antara protes politik dan stabilitas ekonomi . KADIN: Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel Rugikan Dunia Usaha

KADIN: Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel Rugikan Dunia Usaha

Jakarta (Beritamedan)  – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia mengeluarkan pernyataan terkait aksi boikot produk terafiliasi Israel yang tengah berkembang, menyatakan bahwa tindakan tersebut dapat memberikan dampak negatif pada dunia usaha secara keseluruhan. Boikot ini, yang mendapatkan perhatian luas di kalangan masyarakat internasional, menimbulkan keprihatinan terutama di sektor ekonomi.

Ketua Umum KADIN, Bapak Rosan P. Roeslani, dalam konferensi persnya, menyoroti bahwa aksi boikot produk terafiliasi Israel dapat merugikan pelaku usaha di Indonesia dan di seluruh dunia. “Sementara kami memahami bahwa kebijakan boikot adalah bentuk protes terhadap isu-isu politik dan kemanusiaan, kami juga harus mempertimbangkan dampak ekonomi yang mungkin terjadi,” ujar Rosan.

Beliau menambahkan bahwa boikot ini dapat mengganggu rantai pasok global, mempengaruhi kerja sama bisnis lintas negara, dan menimbulkan ketidakpastian bagi pelaku usaha. “Kami mendorong agar isu-isu politik dan ekonomi dapat dipisahkan. Keputusan untuk melakukan boikot harus dipertimbangkan secara matang agar tidak merugikan pelaku usaha yang tidak terlibat secara langsung dalam konflik politik,” tambah Rosan.

Sebagai alternatif, KADIN mengusulkan adanya dialog dan kerja sama lintas batas untuk menangani isu-isu politik dan kemanusiaan. “Melalui dialog, kita dapat mencari solusi bersama tanpa merugikan dunia usaha yang terlibat dalam kerja sama lintas negara,” saran Rosan.

Pernyataan KADIN ini muncul seiring dengan meningkatnya kampanye boikot produk terafiliasi Israel di berbagai belahan dunia sebagai bentuk protes terhadap kebijakan politik dan perlakuan terhadap Palestina. Meskipun tujuan dari aksi ini adalah untuk mengekspresikan solidaritas dengan rakyat Palestina, namun risiko terhadap stabilitas ekonomi global menjadi perhatian yang serius.

Sebagai langkah awal, KADIN berencana untuk membuka dialog dengan pihak-pihak terkait, termasuk pemerintah dan organisasi masyarakat sipil, guna mencari solusi yang dapat mengakomodasi aspirasi politik sambil menjaga stabilitas ekonomi dan bisnis global. KADIN terhadap keseimbangan antara protes politik dan stabilitas ekonomi . KADIN: Aksi Boikot Produk Terafiliasi Israel Rugikan Dunia Usaha

Tinggalkan Balasan