Ganjar Pranowo: Revitalisasi Sarana SMK ‘Jadul’ untuk Cetak Pekerja Siap Pakai

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menekankan pentingnya. Revitalisasi Sarana SMK Jadul untuk Cetak Pekerja Siap Pakai

Medan, (BERITAMEDAN) – Revitalisasi Sarana SMK Jadul untuk Cetak Pekerja Siap Pakai, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyoroti pentingnya penyempurnaan sarana Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dinilainya “jadul” sebagai kunci dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Pernyataan ini muncul dalam upayanya untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasional di Jawa Tengah.

Ganjar Pranowo menyatakan bahwa meskipun sarana SMK mungkin tergolong “jadul” atau usang, namun dengan penyempurnaan dan peningkatan fasilitas, SMK tetap dapat mencetak lulusan yang siap terjun langsung ke dunia kerja. Dalam pandangannya, fokus utama adalah menghadirkan sarana yang relevan dengan kebutuhan industri dan memberikan keterampilan praktis kepada siswa.

“Dalam dunia kerja, apa yang diinginkan adalah pekerja yang memiliki keterampilan praktis dan bisa langsung mengaplikasikannya. Oleh karena itu, meskipun sarana SMK mungkin jadul, dengan peningkatan yang tepat, kita bisa menghasilkan pekerja siap pakai,” ungkap Ganjar Pranowo dalam pernyataannya.

Sebagai bagian dari langkah-langkah konkrit, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan revitalisasi sarana SMK, termasuk pembaruan peralatan dan fasilitas laboratorium. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan vokasional, memastikan bahwa lulusan SMK memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan industri.

Langkah Ganjar Pranowo ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk para pelaku industri dan tokoh pendidikan. Mereka menilai bahwa penguatan sarana SMK menjadi kunci untuk menciptakan ekosistem pendidikan vokasional yang mampu memenuhi kebutuhan dunia industri yang terus berkembang.

Pentingnya SMK dalam mencetak tenaga kerja yang terampil dan siap pakai menjadi sorotan dalam kerangka mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Peningkatan sarana dan fasilitas di SMK diharapkan akan memberikan dampak positif dalam menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas dan siap bersaing di pasar kerja.

Tinggalkan Balasan