Bawaslu Sumut: Peserta Pemilu Wajib Patuhi Zonasi Pemasangan APK

mematuhi zonasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) guna menjaga netralitas. Peserta Pemilu Wajib Patuhi Zonasi Pemasangan APK

Medan, (BERITAMEDAN) – Peserta Pemilu Wajib Patuhi Zonasi Pemasangan APK, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) menegaskan bahwa semua peserta pemilu di wilayah tersebut wajib mematuhi zonasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pernyataan ini dilontarkan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga netralitas dan kesetaraan antar peserta pemilu dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024.

Ketentuan Zonasi Pemasangan APK:

Bawaslu Sumut menetapkan ketentuan zonasi pemasangan APK sebagai langkah preventif untuk mencegah ketidaksetaraan akses dan meminimalkan potensi gesekan antar peserta pemilu. Zonasi ini mencakup pembagian wilayah, lokasi strategis, serta batasan jumlah dan jenis APK yang dapat dipasang di setiap zona.

Netralitas dan Keseimbangan Informasi:

Penerapan zonasi pemasangan APK bertujuan untuk memastikan netralitas penyelenggaraan pemilu dan mencegah dominasi satu peserta pemilu terhadap yang lain. Dengan demikian, setiap peserta pemilu memiliki akses yang setara untuk menyampaikan informasi kepada pemilih, mendukung keseimbangan informasi, dan memperkuat esensi demokrasi.

Sanksi bagi Pelanggar Zonasi:

Bawaslu Sumut menegaskan bahwa peserta pemilu yang melanggar aturan zonasi pemasangan APK akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sanksi tersebut dapat berupa peringatan, pembatasan kegiatan kampanye, atau sanksi administratif lainnya, tergantung tingkat pelanggaran yang dilakukan.

Pengawasan dan Koordinasi Bersama:

Bawaslu Sumut menekankan pentingnya peran aktif semua pihak terkait, termasuk peserta pemilu, partai politik, dan aparat keamanan, dalam mengawasi dan melaporkan pelanggaran terkait zonasi pemasangan APK. Koordinasi yang baik diharapkan dapat menjaga integritas dan keberlanjutan proses demokrasi di Sumatera Utara.

Edukasi Publik tentang Zonasi APK:

Selain mengumumkan ketentuan zonasi, Bawaslu Sumut juga berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya zonasi pemasangan APK dan dampak positifnya terhadap proses pemilu yang adil dan demokratis.

Pemantauan Aktif selama Masa Kampanye:

Bawaslu Sumut menyatakan bahwa mereka akan melakukan pemantauan aktif selama masa kampanye untuk memastikan peserta pemilu mematuhi ketentuan zonasi. Melalui upaya ini, diharapkan pemilih dapat memperoleh informasi yang seimbang dari setiap peserta pemilu dan membuat keputusan yang cerdas pada hari pemilihan.

Bawaslu Sumut mengajak seluruh peserta pemilu dan masyarakat Sumut untuk bersama-sama mendukung proses pemilu yang bersih, adil, dan demokratis dengan mematuhi ketentuan zonasi pemasangan APK. mematuhi zonasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) guna menjaga netralitas. Peserta Pemilu Wajib Patuhi Zonasi Pemasangan APK

Tinggalkan Balasan