Berburu Nasi Jaha, Hidangan Khas Berbuka Puasa yang Menggoda di Ternate

BERITAMEDAN – Seiring dengan datangnya bulan suci Ramadan, warga Ternate menyambut waktu berbuka puasa dengan kegembiraan dan kelezatan hidangan khas. Salah satu hidangan yang menjadi primadona dan menjadi buruan para penikmat kuliner adalah nasi jaha. Berburu nasi jaha telah menjadi tradisi yang tak terpisahkan di Ternate, menciptakan momen berbuka yang istimewa dan memikat selera.

Nasi jaha, hidangan khas Maluku Utara, khususnya Ternate, terkenal dengan cita rasanya yang kaya rempah-rempah dan aroma yang menggoda selera. Proses penyajiannya yang unik, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus, memberikan sentuhan alami dan tradisional pada hidangan ini.

Salah satu pedagang nasi jaha terkenal di Ternate, Ibu [Nama Pedagang], mengungkapkan bahwa persiapan untuk menyajikan nasi jaha dimulai jauh sebelum waktu berbuka tiba. “Kami memilih bahan-bahan terbaik dan rempah-rempah tradisional untuk memastikan rasa autentik nasi jaha kami. Proses memasaknya pun memerlukan ketelatenan dan keahlian khusus,” ujar Ibu [Nama Pedagang].

Setiap sore menjelang berbuka, aroma harum nasi jaha mulai menyebar di sepanjang sudut kota. Warung-warung yang menyediakan nasi jaha menjadi tempat berkumpul para penikmat kuliner yang tak sabar untuk menikmati sajian lezat ini. Antrian panjang di depan warung-warung nasi jaha menjadi pemandangan biasa, menunjukkan betapa diminatinya hidangan ini oleh warga Ternate.

Salah seorang pelanggan setia, [Nama Pelanggan], mengungkapkan kecintaannya pada nasi jaha. “Nasi jaha adalah hidangan yang selalu saya tunggu setiap Ramadan. Rasanya yang khas dan kelembutannya membuatnya menjadi hidangan favorit saya. Ini benar-benar menyempurnakan momen berbuka puasa,” kata [Nama Pelanggan].

Tradisi berburu nasi jaha di Ternate tidak hanya memberikan pengalaman kuliner yang luar biasa, tetapi juga menciptakan suasana kebersamaan dan kegembiraan di antara warga. Momen berbuka puasa menjadi lebih istimewa saat dinikmati bersama keluarga, teman, dan tetangga sambil menikmati kelezatan nasi jaha yang autentik.

Dengan pesonanya yang tak terbantahkan, nasi jaha tetap menjadi bintang utama dalam setiap berbuka puasa di Ternate. Para penikmat kuliner dan pecinta tradisi lokal terus berbondong-bondong berburu nasi jaha, menciptakan kenangan manis yang akan terus dikenang setiap Ramadan.

Tinggalkan Balasan