Legislator Ajak Masyarakat Medan Hindari Hoaks pada Masa Kampanye Pemilu 2024

BERITAMEDAN – Dalam persiapan menghadapi Pemilihan Umum 2024, para legislator di Kota Medan menyoroti pentingnya untuk mencegah penyebaran informasi yang tidak valid atau hoaks selama masa kampanye politik. Hal ini disuarakan sebagai upaya untuk menjaga kualitas diskusi publik, meningkatkan literasi informasi, dan mempertahankan integritas demokrasi di Kota Medan.

Legislator dari berbagai partai politik di Kota Medan menyampaikan keprihatinan mereka terhadap maraknya penyebaran hoaks dan informasi yang tidak benar selama periode kampanye politik. Mereka menegaskan bahwa penyebaran hoaks dapat mengganggu proses demokrasi, merusak citra calon, serta membingungkan masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Medan untuk menjadi lebih waspada terhadap informasi yang tersebar di media sosial maupun platform daring lainnya. Penting bagi kita semua untuk memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya kembali agar tidak terjebak dalam penyebaran hoaks yang dapat merugikan proses demokrasi,” ujar salah satu legislator dalam pernyataannya.

Upaya pencegahan penyebaran hoaks ini diharapkan dapat melibatkan peran aktif dari seluruh lapisan masyarakat, baik pemilih maupun tokoh masyarakat, untuk bersama-sama menciptakan lingkungan informasi yang sehat dan akurat. Legislator menekankan bahwa literasi informasi menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan penyebaran hoaks.

Selain itu, mereka juga menyampaikan pentingnya peran media massa dan platform daring dalam memverifikasi dan menyajikan informasi yang akurat kepada masyarakat. Kerjasama antara media, pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat diharapkan dapat memperkuat upaya pencegahan penyebaran hoaks pada masa kampanye politik.

Pada akhirnya, tujuan dari ajakan ini adalah untuk menciptakan atmosfer yang sehat dan cerdas dalam berpolitik di Kota Medan. Dengan menghindari penyebaran hoaks dan informasi yang tidak benar, diharapkan masyarakat dapat memilih berdasarkan informasi yang valid dan mempertahankan esensi dari proses demokrasi yang adil dan transparan.

Legislator berkomitmen untuk terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya penyebaran hoaks serta pentingnya menjadi konsumen informasi yang cerdas. Dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat mewujudkan kampanye politik yang bersih dan berkualitas dalam menghadapi Pemilihan Umum mendatang di Kota Medan.

Tinggalkan Balasan