Dokter Mengatakan: Penderita Diabetes Tidak Memiliki Pantangan Makanan

BERITAMEDAN – Pandangan umum terhadap diabetes seringkali menimbulkan mitos tentang pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita kondisi ini. Namun, dokter-dokter terkemuka dalam bidang kesehatan menegaskan bahwa tidak ada pantangan makanan khusus yang mutlak bagi penderita diabetes.

Dr. Aisha Rahman, seorang ahli nutrisi yang telah lama berkarya dalam mengelola kasus-kasus diabetes, menekankan, “Ide tentang daftar pantangan makanan bagi penderita diabetes harus diperjelas. Tidak ada makanan yang harus dihindari secara mutlak, tetapi yang penting adalah mengatur pola makan secara seimbang dan terukur.”

Dalam penjelasannya, Dr. Rahman menggarisbawahi pentingnya pola makan yang seimbang bagi penderita diabetes. “Konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, serat, serta mengatur asupan gula dan lemak merupakan bagian penting dari manajemen diabetes.”

Dr. Stephen Wong, seorang endokrinologis terkemuka, menambahkan, “Kunci utama dalam mengelola diabetes melalui pola makan adalah pengendalian porsi, pengaturan asupan karbohidrat, dan pemahaman terhadap dampak makanan terhadap gula darah. Ini bukanlah soal melarang, tetapi lebih pada pengelolaan yang tepat.”

Penderita diabetes bisa menikmati berbagai jenis makanan dengan memperhatikan kadar gula, karbohidrat, dan asupan nutrisi yang tepat. “Konsistensi dalam mengontrol jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi, serta memahami bagaimana makanan tersebut mempengaruhi gula darah, adalah kunci utama,” ungkap Dr. Wong.

Pendekatan ini membebaskan penderita diabetes dari tekanan untuk menghindari makanan tertentu secara mutlak. Namun, tetap memahami bahwa pengelolaan pola makan yang tepat adalah kunci utama dalam mengendalikan kondisi ini.

Dr. Rahman menekankan, “Penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter untuk merancang rencana makan yang sesuai dengan kondisi masing-masing. Pengawasan medis yang teratur dan pemahaman yang baik terhadap pola makan yang seimbang adalah kunci keberhasilan dalam mengendalikan diabetes.”

Dengan demikian, pandangan baru ini membawa harapan bagi penderita diabetes untuk menikmati makanan yang mereka sukai dengan bijak dan memperhatikan kontrol gula darah sebagai prioritas utama.

Tinggalkan Balasan