Kemenkeu Tetap Waspada terhadap Risiko Global untuk Menjaga Surplus Neraca Dagang

BERITAMEDAN  Jakarta – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Indonesia terus mempertahankan kewaspadaan terhadap risiko-risiko global yang dapat mempengaruhi ekonomi nasional, sambil tetap berkomitmen untuk menjaga surplus neraca dagang yang telah dicapai. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap dinamika global yang masih penuh ketidakpastian.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam konferensi persnya, menyampaikan bahwa Kemenkeu terus melakukan pemantauan dan analisis mendalam terhadap kondisi ekonomi global. “Meskipun kita mencatat surplus neraca dagang yang positif, namun kita tidak bisa lengah terhadap perubahan situasi global yang cepat,” ujar Sri Mulyani.

Surplus neraca dagang Indonesia mencapai angka yang positif dalam beberapa bulan terakhir, menjadi salah satu pencapaian ekonomi yang menggembirakan. Namun, Sri Mulyani menekankan perlunya menjaga kewaspadaan karena adanya potensi risiko yang dapat mempengaruhi perekonomian, seperti fluktuasi harga komoditas global, ketidakpastian kondisi geopolitik, dan dampak pandemi COVID-19 yang belum mereda sepenuhnya.

Kebijakan fiskal dan moneter yang berhati-hati terus diterapkan untuk menjaga stabilitas ekonomi. Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah tetap fokus pada reformasi struktural untuk meningkatkan daya saing dan ketahanan ekonomi dalam menghadapi dinamika global yang kompleks.

Selain itu, Kemenkeu juga terus berupaya untuk merangsang pertumbuhan ekonomi melalui berbagai kebijakan, termasuk investasi infrastruktur, dukungan terhadap sektor riil, dan pemulihan sektor-sektor yang terdampak pandemi. Upaya ini diarahkan untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pengamat ekonomi mendukung langkah-langkah pemerintah dalam menjaga surplus neraca dagang dan menghadapi risiko global. Mereka menilai bahwa kewaspadaan dan kebijakan yang tepat akan membantu Indonesia menghadapi tantangan ekonomi yang mungkin muncul di masa depan.

Sebagai salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia diharapkan dapat terus memainkan peran penting dalam mendukung stabilitas ekonomi regional. Langkah-langkah pencegahan dan pengelolaan risiko yang diambil oleh Kemenkeu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga ketahanan ekonomi nasional.

Tinggalkan Balasan