BMKG: Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Perairan Indonesia

BERITAMEDAN JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan terkait potensi gelombang tinggi di perairan Indonesia. Menurut BMKG, diperkirakan akan terjadi gelombang tinggi dengan ketinggian mencapai 6 meter di beberapa wilayah, sehingga masyarakat dan pihak terkait dihimbau untuk waspada.

Peringatan ini disampaikan sebagai bagian dari sistem early warning BMKG untuk memitigasi potensi bencana laut yang dapat terjadi. Gelombang tinggi dapat menjadi ancaman serius bagi kapal-kapal di laut dan aktivitas pelayaran lainnya. Oleh karena itu, langkah pencegahan dan antisipasi perlu diambil untuk memastikan keselamatan semua pihak yang beraktivitas di perairan.

Menurut Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, faktor-faktor cuaca ekstrem seperti siklon tropis dan angin kencang dapat menyebabkan gelombang laut yang tinggi. “Kami mengimbau seluruh masyarakat yang beraktivitas di laut, terutama nelayan dan pelaut, untuk memperhatikan peringatan ini dan mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan,” ujar Dwikorita Karnawati.

Selain nelayan dan pelaut, pihak BMKG juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Kementerian Perhubungan, untuk memastikan penyebaran informasi peringatan gelombang tinggi ini sampai ke semua pihak yang berkepentingan.

BMKG juga memberikan informasi terkini melalui saluran-saluran komunikasi resmi mereka, termasuk situs web dan media sosial. Masyarakat diimbau untuk memantau perkembangan informasi cuaca dari sumber yang terpercaya dan melakukan tindakan preventif sesuai dengan anjuran yang diberikan.

Pentingnya kesadaran dan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca laut menjadi kunci dalam mengurangi risiko kecelakaan dan bencana laut. BMKG terus mengupdate informasi cuaca dan gelombang laut secara berkala, sehingga masyarakat dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keselamatan mereka saat beraktivitas di perairan Indonesia.

Tinggalkan Balasan