Rutan Tarutung Sosialisasikan Upaya Pencegahan Gangguan Kamtib: Meningkatkan Keamanan dan Ketertiban

BERITAMEDAN Tarutung – Rumah Tahanan (Rutan) Tarutung melakukan sosialisasi aktif terkait upaya pencegahan gangguan kamtib (keamanan dan ketertiban) di dalam fasilitas tersebut. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kewaspadaan dan memastikan keamanan bagi warga binaan dan petugas penjaga di Rutan Tarutung.

Kegiatan sosialisasi ini melibatkan para petugas Rutan Tarutung, warga binaan, dan pihak terkait lainnya. Sosialisasi mencakup informasi tentang peraturan dan tata tertib yang harus diikuti oleh warga binaan, serta langkah-langkah pencegahan gangguan kamtib yang diimplementasikan oleh pihak Rutan.

Kepala Rutan Tarutung, Budi Santoso, menyampaikan pentingnya kerjasama dan pemahaman bersama antara petugas dan warga binaan dalam menjaga keamanan di dalam rutan. “Kami ingin menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif di Rutan Tarutung. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan semua pihak terhadap potensi gangguan kamtib,” ujar Budi Santoso.

Sosialisasi juga mencakup edukasi tentang dampak negatif dari gangguan kamtib terhadap sistem penjara dan kehidupan sehari-hari warga binaan. Selain itu, petugas Rutan memberikan pemahaman tentang konsekuensi hukum bagi mereka yang terlibat dalam pelanggaran aturan.

Langkah-langkah pencegahan gangguan kamtib yang diterapkan oleh Rutan Tarutung melibatkan pengawasan ketat, pemeriksaan rutin, serta peningkatan sistem keamanan. Petugas juga dilatih untuk mengidentifikasi potensi konflik dan menanggapi situasi yang dapat memicu gangguan kamtib.

Masyarakat diharapkan untuk mendukung upaya pencegahan yang dilakukan oleh Rutan Tarutung demi menciptakan lingkungan yang aman dan terkendali. Pihak Rutan juga membuka ruang dialog dengan keluarga warga binaan agar mendapatkan dukungan dalam menjalankan kebijakan keamanan dan ketertiban di dalam rutan.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Rutan Tarutung untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman bagi semua pihak yang berada di dalamnya. Semoga langkah-langkah pencegahan yang diambil dapat membantu menjaga ketertiban dan keamanan di Rutan Tarutung serta mendorong perubahan positif di kalangan warga binaan.

Tinggalkan Balasan