Gelar Pelatihan Saksi Pemilu 2024, Komisioner KPU Toba Helderia Purba: Jangan Lupa Bawa Surat Mandat

Toba, BERITAMEDAN – Menjelang Pemilihan Umum 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba gelar pelatihan bagi saksi-saksi pemilu. Acara yang dihadiri oleh puluhan peserta ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang peran dan tanggung jawab saksi pemilu serta menekankan pentingnya membawa surat mandat saat bertugas di tempat pemungutan suara.

Komisioner KPU Toba Helderia Purba dalam sambutannya menyampaikan, “Pelatihan ini merupakan langkah penting untuk mempersiapkan saksi pemilu menghadapi Pemilu 2024. Kami ingin memastikan bahwa setiap saksi memahami tugasnya dengan baik dan dapat berkontribusi secara maksimal dalam menjaga integritas dan transparansi proses pemilu.”

Purba menekankan pentingnya surat mandat sebagai identifikasi resmi bagi saksi saat berada di tempat pemungutan suara. “Surat mandat adalah kunci keamanan dan keberlangsungan tugas saksi. Pastikan untuk membawanya setiap kali Anda bertugas. Ini akan membantu petugas pemilu dan memastikan bahwa perwakilan masyarakat memiliki akses yang sah ke proses pemilihan,” tambahnya.

Pelatihan mencakup berbagai aspek, termasuk prosedur pemungutan suara, penanganan surat suara, serta tata cara pelaporan dan penyelesaian masalah yang mungkin muncul selama proses pemilu. Peserta diberikan pemahaman mendalam tentang ketentuan hukum yang mengatur tugas dan tanggung jawab saksi pemilu.

Selain itu, dalam sesi tanya jawab, peserta pelatihan dapat mengajukan pertanyaan dan memperoleh klarifikasi terkait peran mereka sebagai saksi. Interaksi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta dan memastikan bahwa mereka siap menjalankan tugasnya dengan baik.

Partisipan pelatihan mengapresiasi inisiatif KPU Toba dalam memberikan persiapan yang baik menjelang Pemilu 2024. Dengan peningkatan pemahaman dan kesadaran para saksi, diharapkan proses pemungutan suara dapat berlangsung dengan lancar dan adil.

Sebagai bagian dari persiapan menyeluruh, KPU Toba berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dan informasi kepada semua pihak yang terlibat dalam Pemilu 2024. Pelatihan seperti ini menjadi langkah positif dalam membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya partisipasi aktif dan tanggung jawab dalam menjaga demokrasi melalui proses pemilihan umum.

Tinggalkan Balasan